WHAT'S NEW?
Loading...


Libur lebaran kemaren saya sekeluarga mendapat undangan makan di salah satu rumah makan terkenal di  Yogya, yaitu gubug makan Mang Engking.  Lokasi gubug makan berada di daerah Minggir sekitar 15 Km barat kota Yogyakarta. Meskipun lokasi jauh dari pusat kota, namun ramenya ra ngadubilah. Lokasinya di tengah persawahan dan dikelilingi kolam ikan. Memang tempatnya nyaman dan asri. Menu andalannya adalah udang dan Gurameh. Soal rasa memang lidah tidak pernah bohong.  Rasanya top markotop.....
Bagi teman-teman yang penasaran soal rasanya bisa mencoba untuk memasak sendiri. Berikut ini saya bagikan resep Gurame sambal Bangkok. Selamat mencoba.

Bahan:
  • 2 ekor gurame, kerat-kerat
  • 1 sendok makan air jeruk
  • ½ sendom teh garam

Bahan pelapis:
  • 100 gr maizena
  • 2 sendok makan tepung beras
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk

Saus:
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 3 buah cabai merah besar, cincang kasar
  • 1 buah ketimun, buang bijinya, potong korek api
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong korek api
  • 100 gr rebung kaleng, potong korek api
  • 2 sendok makan saus sambal bangkok
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 250 ml air
  • ½ sendok makan maizena, larutkan dalam 1 sendok makan air
  • 2 tangkai daun ketumbar, cincang kasar
  • 1 sendok teh air jeruk lemon

Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Pelapis, campurkan maizena, tepung beras, garam, merica bubuk, dan bawang putih bubuk. Gulingkan ikan diatas bahan pelapis. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang hingga matang.
  3. Saus, tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah hingga harum. Masukkan ketimun, wortel, dan rebung. Aduk hingga setengah layu. Tambahkan saus sambal bangkok, saus tomat, kecap ikan, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuangkan air. Aduk hingga mendidih. Tambahkan larutan maizena. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Masukkan daun ketumbar  dan air jeruk lemon. Aduk rata. Angkat.
  5. Sajikan ikan bersama sausnya.
Selamat menikmati masakan sendiri. pokok'e nak nan.
Sedap khusus pemula 82/xv/2014

Bagi saya yang termasuk dalam golongan “wong ndeso” yang lahir di suatu dusun di pinggir barat kota Yogya, makanan favorit saya adalah bakwan, mendoan, gedhang godhog dll. Makanan tersebut adalah makanan yang sering disajikan didaerah kami sebagai makanan untuk menjamu tamu ketika ada acara ronda ataupun pertemuan warga dusun.
Kemaren saat adik saya pulang dari luar kota, dengan gaya sok “kekinian” dia dengan bangga memanggil saya “Mas mreneo! Gelem oleh-oleh ora?” *, panggil dia sambil menyodorkan bungkusan plastik. “Opo iki?” ** sahut saya sembari menyahut bungkusan plastik tersebut. Lantas adik saya menjawab “kui panganan londo, jenenge skotel gedhang, mugo-mugo koe ora mules”***.
Saya hanya bengong dan bertanya-tanya makluk apakah skotel itu. Untuk menjawab penasaran saya langsung membuka bungkusan tersebut dan langsung “mengeksekusi” makanan yang namanya skotel itu. Sontak lidah saya yang akrab dengan bakwan, mendoan dan gedhang godhog pun kaget saat mengecap skotel pisang. Ternyata rasanya jemek-jemek asin manis gurih tapi enak gimana gitu. Tanpa basa-basi ternyata skotel pisangnya pun raib di tangan saya. Habis alias entek sodara-sodara!! hehehe #rakus
Saya ternyata ndeso bangat ya?! Diusia saya yang sudah kepala tiga baru tau yang namanya skotel. Kalo anda gimana? Pasti sudah sering makan ya?! Saya yakin anda tidak se ndeso saya.
Tapi apakah anda pernah memuat skotel pisang sendiri?? Monggo bisa disimak resep berikut jika ingin membuatnya sendiri. Selamat mancoba.

Bahan:

  • 300 g pisang tanduk, kukus, lumatkan
  • 3 butir telur ayam
  • 200 ml santan kental
  • 50 g kismis
  • 50 g gula halus
  • ½ sdt garam
  • 100 g keju parut
Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 160ยบ C. siapkan pinggan tahan panas ukuran individual, olesi mentega.
  2. Campur pisang, telur, santan kental, kismis, gula halus, dan garam aduk rata. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas, taburi keju parut.
  3. Panggang selama 30 menit hingga matang. Angkat dan sajikan hangat.
Yang penasaran rasa skotel pisang kismis, monggo langsung coba aja.

Sumber: 125 sajian nostalgia favorit sepanjang masa. (hal 40)


* “Mas, sini! Mau oleh-oleh ga?”
** “Apa ini?”
*** “Itu makanan bule, namanya skotel pisang, semoga kami ga mules”
Resep Sup Sayuran

Sejak kecil saya sangat tidak suka makan sayur. Entah kenapa lidah saya lebih suka mengecap daging, entah itu daging ayam ataupun daging sapi atau kambing. Waktu saya kecil, sepulang sekolah saya langsung mengintip ada apa dibawah tudung saji. Jika dibawah tudung saji ada daging, tanpa basa-basi saya langsung menyantap dengan lahap. Namun apabila dibawah tudung saji hanya ada sayuran, langsung cepat-cepat saya menutup tudung saji kembali dan langsung hilang nafsu makan.
Kesukaan saya makan daging dan tidak mau makan sayur ternyata berakibat buruk pada kesehatan saya. Pada usia saya yang ke 27, trigleserid saya mencapai 620 dan kaki kiri saya mati rasa. Sejak saat itu saya mulai “melek” terhadap sayuran.
Dan sejak saya menikah, istri saya memperkenalkan sup sayuran. Saya pun mulai rutin makan sayuran karena kebetulan istri saya penyuka sayur. Hingga saat ini saya sudah mulai suka makan sayur. Sup sayuran dengan kuah yang gurih dan disajikan saat panas akan sangat lezat dan memberikan rasa hangat dalam tubuh dan tanpa takut kadar tligeserid meninggi. Hehe
Anda ingin mencobanya?! Berikut ini resep sup sayuran untuk anda. Selamat mencoba.

Bahan:
  • 800 ml air
  • 400 g kentang, kupas, potong-potong
  • 150 g wortel, kupas, potong-potong
  • 1 sdm minyak
  • 100 g daun kol, potong-potong lebar
  • 1 buah tomat, belah membujur 6 bagian
  • 2 batang daun bawang, potong melintang 1 cm
  • 2 batang seledri, cincang kasar

Haluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butir
  • 1 sdm garam
  • Taburan:
  • 2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat:
  1. Masak air hingga mendidih. Masukkan kentang dan wortel. Masak hingga matang.
  2. Sementara itu, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Masukkan ke dalam panci berisi kentang. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan daun kol, tomat, daun bawang, dan seledri. Masak dan aduk sebentar. Angkat. Sajikan hangat dengan taburan.
Yuk langsung belanja dan silahkan mencoba, nikmatnya sup sayuran hasil masakan sendiri.

Sumber: 125 sajian nostalgia favorit sepanjang masa. (hal 118)

Saya pertama kali mengenal menu ini ketika masih kuliah. Beberapa teman mengajak untuk mencoba lontong sayur di kedai tertentu yang katanya pengunjungnya ramai di pagi hari. Katanya memang pas untuk menu sarapan. Segar-segar gimana gitu...

Penasaran dengan menu ini, saya ikut saja ketika diajak ke sana. Dan memang benar, untuk lidah saya yang terbiasa dengan rasa pedas dan sedikit manis, menu ini memang pas. Namun sekarang nyari kedai yang menjual lontong sayur di dekat tempat tinggal saya dengan cita rasa yang mirip agak sulit menurut saya. Beberapa sudah dimodifikasi jadi lebih mirip sayur biasa. Bening dan hambar. Dari situ saya mencoba mencari resep ini dan mencoba mengolah sendiri. Ada yang pingin ikut mencoba? Ini saya bagikan resepnya.

Bahan:

  • 4 buah ketupat, potong-potong sesuai selera
  • 8 buah ampela
  • 600 ml air
  • ¼ buah kelapa agak muda
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 300 gr nangka muda
  • 2 sensok makan tauco
  • 30 gr bawang merah goreng

Bumbu:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 butir kemiri
  • ½ sendok teh lada
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas kencur
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan kencur. Lalu haluskan bersama  cabai merah, cabai rawit, lada, kemiri dan garam. Sisihkan. 
  2. Kelapa dikerik kulit arinya dan diparut kasar. Lalu dihaluskan, sisihkan. 
  3. Ampela dibersihkan dan dibelah dua, sisihkan. 
  4. Serai dimemarkan batang putihnya, tauco dihaluskan dan nangka dicincang kasar. Sisihkan.
  5. Panaskan air dengan api besar, masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, dan kelapa halus. Rebus hingga medidih, sesekali diaduk agar bumbu rata. 
  6. Masukkan potongan ampela dan kecilkan sedikit apinya. Masak hingga ampela matang dan empuk.
  7. Masukkan cincangan nangka dan tauco halus, aduk-aduk. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Angkat.
  8. Masukkan potongan ketupat dalam beberapa mangkuk saji. Siram dengan sayur nangka panas. Sajikan segera dengan taburan bawang goreng.

Tips:
Sayur nangka ini akan semakin lezat setelah dipanaskan dua hingga tiga kali dengan api sedang. Bumbu semakin meresap.


Buku seri memasak 77, Menu Lebaran

Beberapa hari ini, siang hari Jogja panasnya ga ketulungan. Walaupun sore bisa mendadak hujan badai, tetap saja berada di luar bisa bikin senewen sendiri. Apalagi untuk Anda yang beraktivitas tidak di dalam ruang ber AC, mesti bawaannya emosi tinggi. Ga ada masalah aja, pingin ngamuk, apalagi ada masalah. Pasti rasanya pingin yang dingin-dingin kan?

Nah, sebagai makanan penetralisir emosi, puding ini pas banget. Dinikmati dalam keadaan dingin, bikinnya gampang, ga perlu takut gagal yang kemudian berujung emosi juga--haha, pengalaman pribadi bikin sesuatu yang ga sesuai harapan malah bikin bad mood. Yuk disimak cara membuatnya.

Bahan:
  • 500 ml susu cair
  • 5 butir telur ayam
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt esens vanili
Saus Karamel:
  • 100 gr gula pasir
  • 30 ml air
Cara membuat:
  1. Saus Karamel: Masak  gula dan air hingga menjadi karamel, angkat. Tuang ke dalam mangkuk tahan panas ukuran kecil.
  2. Masak susu hingga mendidih, angkat. Kocok gula dan telur hingga rata lalu masukan susu ke dalamnya, aduk hingga rata, tambahkan esens vanili.
  3. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang.
  4. Keluarkan puding dari mangkuk. Sajikan dalam keadaan dingin.
Gampang banget? Buruan dicoba yah. Suhu sudah beranjak panas nih....


Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa.
Resep Puding Mangga Segar dan Istimewa

Siang ini saya terpaksa harus menghitamkan badan yang sudah sangat hitam ini. Tugas dari kantor menuntut saya mengunjungi beberapa tempat yang cukup jauh dan hanya mengendarai sepeda motor. Sejak lahir kulit ini sudah hitam ditambah pekerjaan yang membuat saya berpanas-panasan diluar, membuat hasrat untuk menjadi pria yang memiliki kulit putih langsat seperti model menjadi sirna. Yang ada kulit ini menjadi semakin hitam, hitam dan hitam. #keling
Saat sedang berpanas-panas dan berhenti di trafic light, tenggorokan terasa kering kerontang, dan mulai terjangkit dahaga kronis. Kemudian saat menoleh ke kanan saya melihat baliho yang berisi iklan puding mangga dingin dan tampak segar sekali untuk disantap. Seolah-olah ingin langsung memanjat baliho dan langsung “menghajar” puding mangga tersebut demi melepaskan rasa dahaga ini. Tak hanya itu, imajinasi liar pun membawa saya seolah berenang dalam kolam es sirup yang berisi puding mangga. Menikmati kesegaran serasa disurga es puding mangga “kimplah-kimplah” pokoknya.
Namun sontak bunyi klakson motor dan mobil membangunkan saya dari lamunan yang sangat indah dan suegerrr. Dan ternyata lampu trafic light sudah hijau dan saya masih hanyut dalam khayalan es puding mangga. Hehehe.
Jika Anda juga ingin menikmati puding mangga, janganlah berkhayal ditrafic light atau malah di rel kereta, karena itu sangat berbahaya, beneran itu berbahaya, ga bohong, Suerrrrr. Hehehe. Lebih baik Anda membuat sendiri. Berikut ini saya beri resep puding mangga untuk Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati. Sekali lagi jangan menghayal ya. Hahaha.

Bahan:
·    1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk
·    500 g daging buah mangga matang
·    700 ml air
·    ½ kaleng susu kental manis
·    100 g gula pasir

Cara membuat:
1.    Haluskan mangga dengan blender bersama 200 ml air.
2.    Campur jadi satu panci, susu, sisa air, gula pasir, dan agar-agar bubuk aduk hingga tercampur rata, tambahkan mangga yang telah di blender. Aduk hingga tercampur rata.
3.    Masak dengan api sedang sampai mendidih, sambil diaduk perlahan.
4.    Angkat, lalu tuang ke dalam cetakan, diamkan sampai beku. Porong-potong dan sajikan dingin.


Sumber: 125 Sajian nostalgia favorit sepanjang masa (hal 155)
Resep Sup Iga Sapi Enak dan Istimewa

Dulu, saya pikir masak daging itu mesti sulit. Pasti bumbunya banyak dan ribet. Apalagi untuk bikin sup dengan rasa yang mantap. Tapi saya salah, setelah bertanya pada ibu saya (yang saya lakukan setelah menikah dan saya menyesal kenapa bukan sebelum-sebelumnya), ternyata masaknya gampang banget. Yang namanya daging, kaldunya saja sudah menciptakan citarasanya sendiri. Jadi cukup dengan bumbu simple pun tetep berasa enaknya. Sayangnya aja harga daging mahal dan efeknya bikin kolesterolan. Kalo ngga mungkin saya bisa masak lebih sering deh. Hehe.

Yang perlu dicatat ketika masak daging itu adalah lamanya memasak hingga empuk. Biasanya sekitar 2 hingga 3 jam dengan api sedang baru daging benar-benar empuk. Jadi ya diharap bersabar aja (di sini biasanya saya sendiri yang kurang sabar, ato kadang lupa ngecek untuk nambah air lagi).
Tertarik mencoba? Yuk disimak aja bahan-bahannya.

Bahan:
  • 500 g iga sapi
  • 1000 ml air
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 g bawang bombai, potong menjadi 8 bagian
  • 2 buah tomat, potong menjadi 8 bagian
  • 5 buah cabai hijau

Haluskan:
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt garam

Cara membuat Resep Sup Iga Sapi:
  1. Masukkan iga sapi ke dalam panci berisi air, masak hingga mendidih dan iga empuk. Angkat. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat, lalu masukkan ke dalam panci berisi iga. Masak kembali hingga bumbu matang.
  3. Tambahkan bawang bombai, tomat, dan cabai hijau. Masak hingga semua bumbu matang. Angkat.
  4. Sajikan saat hangat.

Gampang kan? Selamat mencoba yah. :)

Sumber: 125 Sajian Nostalgia Favorit Sepanjang Masa (hal 134).

 Masak sup itu paling gampang. Dulu andalan saya ketika bingung mau masak sayur apa ya cuma sop ini. Kalo pake daging ato ayam sudah pasti enak rasanya. Apalagi kalo pake penyedap. Tapi sejak suami saya terkena kanker, penyedap sudah dicoret dari daftar bumbu masakan saya. Caranya supaya enak ya ngambil sari kaldu dari ayam/daging. Sudah pasti rasanya hmmm, apalagi dinikmati ketika masih hangat.
Dan si sini saya membagi beberapa tips ketika memasak sup. Semoga bermanfaat yah. J
Kaldu daging/ayam:
  • Tulang sapi/ayam berdaging yang digunakan untuk membuat kaldu sebaiknya melalui proses blanching atau dicelupkan ke dalam air mendidih, lalu dicuci bersih. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran/dara dan lemak yang menempel pada tulang, dan membunuh kuman-kuman.
  • Jika ingin membuat kaldu cokelat(brown stock), tulang sapi dipanggang atau ditumis terlebih dulu bersama wortel dan bawang bombay. Agar tidak berkerak kehitaman, panggangan diletakkan dengan jarak kurang lebih 13 cm dari api. Selain bertujuan membersihkan warna cokelat, proses pemanggangan ini juga untuk mengurangi kandungan lemak pada tulang sapi.
  • Jika ingin membuat kaldu ikan, tumis dulu tulang ikan dan bumbu sebelum direbus. Tambahkan air jeruk nipis dan anggur putih, jika Anda suka.
  • Selama membuat kaldu, atau dibiarkan di atas api selama beberapa menit, jangan diaduk-aduk. Namun, Anda dapat membuang kotoran/busa yang ada di atasnya.
  • Jika disimpan di dalam lemari pendingin, kaldu dapat bertahan selama 2 hari. Jika dibekukan dalam lemari pembeku, maka kaldu dapat bertahan selama 2 bulan.


Kaldu sayuran:
  • Tidak semua jenis sayuran dapat digunakan untuk membuat kaldu sayuran, misalnya kentang. Sebaliknya wortel, bawang bombai, seledri, daun bawang, lobak, dan bunga kol adalah beberapa jenis sayuran yang dapat digunakan untuk membuat kaldu.
  • Untuk memperoleh sari makanan yang terdapat di dalam sayuran, sayuran sebaliknya dipotong kasar dan lama perebusan kurang lebih 1 jam.


Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak.



Resep Sup Ceker Ayam Asparagus

Di Jogja akhir-akhir ini suhunya dingin sekali. Saya jarang mengecek via android tapi biasanya ketika pagi tiba, suhu kamar yang menggunakan AC sekitar 24 hingga 25 derajat celsius lebih hangat ketimbang di luar kamar. Bukan di luar rumah lho. Kebayang kan dinginnya? Jadi fungsi ACnya bukannya mendinginkan tapi menghangatkan hehehe.
Nah menu berupa aneka sup ini pas sekali untuk menghangatkan tubuh. Selain sebagai penghangat, juga untuk melengkapi nutrisi tubuh supaya tidak mudah sakit. Berikut adalah salah satu resep sup yang mungkin bisa Anda coba.
Bahan:
  • 10 buah ceker ayam
  • 750 ml air
  • 1cm jahe, memarkan
  • 1 sdm minyak
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 1 batang daun bawang, potong melintang 2 cm
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 100 g asparagus kalengan, tiriskan
  • 2 buah jamur hioko kering, rendam air panaskan hingga lunak, iris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  • 1/2 sdm sherry, jika Anda suka
Cara membuat:
  1. Seduh ceker ayam dengan air mendidih. Diamkan selama 3 menit. Kuliti dan potong kukunya, cuci bersih. Potong menjadi 2 bagian.
  2. Rebus ceker ayam dan jahe hingga ceker ayam empuk. Angkat. Ukur kaldunya sebanyak 500 ml, sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daun bawang, aduk hingga layu dan angkat.
  4. Masukkan bawang tumis ke dalam kaldu. Tambahkan kaldu bubuk. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih.
  5. Masukkan asparagus, jamur, garam, merica, dan kecap asin. Aduk hingga tercampur rata. Biarkan hingga mendidih.
  6. Tuangi larutan maizena. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan mengental.
  7. Tambahkan sherry. Aduk sebentar. Angkat dan sajikan.
Sup lebih baik disajikan hangat-hangat. Selamat mencoba! :)

Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa.
Resep Penne Ayam Jamur

Untuk Anda ibu bekerja yang tidak punya banyak waktu untuk memasak, menu yang satu ini bisa jadi andalan Anda. Saya juga seorang ibu yang harus bekerja, tapi memasak sebisa mungkin saya lakukan sendiri. Selain karena kita bisa menyesuaikan dengan selera kita, memasak sendiri lebih terjamin kebersihannya. Saya rada parno soalnya lihat pemberitaan yang menggunakan segala macam bahan yang tidak layak untuk dimakan tapi dicampurkan pada jajanan-jajanan khususnya untuk anak-anak. Jadi daripada jajan tapi ga tau isinya, mending masak menu praktis yang satu ini yang juga bisa dijadikan bekal anak Anda di sekolah.
Yuk disimak bahan-bahannya:

Bahan:
  • 250 gr pasta penne pipa
  • 1000 ml air untuk merebus
  • 75 gr daging asap
  • 2 siung bawang putih
  • 400 gr daging dada ayam
  • 200 gr jamur champignon
  • 1 sdm minyak jagung
  • 1 btg daun bawang
  • 2 sdt tepung maizena
  • 250 ml susu evaporasi
  • ½ sdt lada hitam
  • 2 sdm minyak goreng.

Cara membuat:
  1. Didihkan air dengan api besar, rebus penne hingga matang dan mengembang. Angkat dan tiriskan. Bilas dengan air dingin, sisihkan. Daging asap diiris tipis memanjang seperti pipa, sisihkan. Daging dada dibelah dua melebar lalu diiris tipis memanjang seperti pipa, sisihkan. Bawang putih dan daun bawang dicincang kasar, sisihkan.
  2. Jamur diiris tipis dan lada ditumbuk kasar, sisihkan. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng irisan daging asap hingga harum dan kering. Angkat dan sisihkan. Panaskan minyak bekas daging asap dengan api kecil, tumis bawang putih hingga harum keemasan. Masukkan irisan daging ayam, aduk-aduk hingga kaku dan berubah warnanya.
  3. Tambahkan irisan jamur, minyak jagung dan ¾ bagian daun bawang cincang/ masak selama 3 menit hingga jamur layu. Kecilkan apinya. Sesekali diaduk agar matang merata.
  4. Sementara ini larutkan tepung maizena dengan 1 sdm susu cair. Lalu tuang susu dan larutan maizena ke dalam tumisa tadi. Aduk-aduk dan besarkan sedikit apinya. Msak hingga susu mengental. Masukkan penne rebus sambil diaduk hingga bahan dan bumbu tercampur rata. Angkat. Sajikan penne dengan taburan irisan daun bawang, lada hitam tumbuk, dan daging asap goreng.

Tips:
  • Agar penne tidak saling lengket atau menggumpal, ketika merebus tambahkan 1 sdm minyak goreng atau mentega.
  • Selain susu cair, Anda juga bisa menggunakan yogurt tawar atau krim cair. Jika memakai krim kental, kurangi ukurannya ½ bagian.
  • Pada dasarnya semua pasta bisa disajikan bersama saus ayam jamur ini. Pasta bisa langsung dicampur dengan sausnya atau disajikan terpisah.


Menu ini untuk 4 posri, persiapan memasak 15 menit, lama memasak 15 menit.


Sumber: Menu Fastfood Liburan Anak, Buku Seri memasak 61