WHAT'S NEW?
Loading...
Resep Sup Iga Sapi Enak dan Istimewa

Dulu, saya pikir masak daging itu mesti sulit. Pasti bumbunya banyak dan ribet. Apalagi untuk bikin sup dengan rasa yang mantap. Tapi saya salah, setelah bertanya pada ibu saya (yang saya lakukan setelah menikah dan saya menyesal kenapa bukan sebelum-sebelumnya), ternyata masaknya gampang banget. Yang namanya daging, kaldunya saja sudah menciptakan citarasanya sendiri. Jadi cukup dengan bumbu simple pun tetep berasa enaknya. Sayangnya aja harga daging mahal dan efeknya bikin kolesterolan. Kalo ngga mungkin saya bisa masak lebih sering deh. Hehe.

Yang perlu dicatat ketika masak daging itu adalah lamanya memasak hingga empuk. Biasanya sekitar 2 hingga 3 jam dengan api sedang baru daging benar-benar empuk. Jadi ya diharap bersabar aja (di sini biasanya saya sendiri yang kurang sabar, ato kadang lupa ngecek untuk nambah air lagi).
Tertarik mencoba? Yuk disimak aja bahan-bahannya.

Bahan:
  • 500 g iga sapi
  • 1000 ml air
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 g bawang bombai, potong menjadi 8 bagian
  • 2 buah tomat, potong menjadi 8 bagian
  • 5 buah cabai hijau

Haluskan:
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt garam

Cara membuat Resep Sup Iga Sapi:
  1. Masukkan iga sapi ke dalam panci berisi air, masak hingga mendidih dan iga empuk. Angkat. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat, lalu masukkan ke dalam panci berisi iga. Masak kembali hingga bumbu matang.
  3. Tambahkan bawang bombai, tomat, dan cabai hijau. Masak hingga semua bumbu matang. Angkat.
  4. Sajikan saat hangat.

Gampang kan? Selamat mencoba yah. :)

Sumber: 125 Sajian Nostalgia Favorit Sepanjang Masa (hal 134).

 Masak sup itu paling gampang. Dulu andalan saya ketika bingung mau masak sayur apa ya cuma sop ini. Kalo pake daging ato ayam sudah pasti enak rasanya. Apalagi kalo pake penyedap. Tapi sejak suami saya terkena kanker, penyedap sudah dicoret dari daftar bumbu masakan saya. Caranya supaya enak ya ngambil sari kaldu dari ayam/daging. Sudah pasti rasanya hmmm, apalagi dinikmati ketika masih hangat.
Dan si sini saya membagi beberapa tips ketika memasak sup. Semoga bermanfaat yah. J
Kaldu daging/ayam:
  • Tulang sapi/ayam berdaging yang digunakan untuk membuat kaldu sebaiknya melalui proses blanching atau dicelupkan ke dalam air mendidih, lalu dicuci bersih. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran/dara dan lemak yang menempel pada tulang, dan membunuh kuman-kuman.
  • Jika ingin membuat kaldu cokelat(brown stock), tulang sapi dipanggang atau ditumis terlebih dulu bersama wortel dan bawang bombay. Agar tidak berkerak kehitaman, panggangan diletakkan dengan jarak kurang lebih 13 cm dari api. Selain bertujuan membersihkan warna cokelat, proses pemanggangan ini juga untuk mengurangi kandungan lemak pada tulang sapi.
  • Jika ingin membuat kaldu ikan, tumis dulu tulang ikan dan bumbu sebelum direbus. Tambahkan air jeruk nipis dan anggur putih, jika Anda suka.
  • Selama membuat kaldu, atau dibiarkan di atas api selama beberapa menit, jangan diaduk-aduk. Namun, Anda dapat membuang kotoran/busa yang ada di atasnya.
  • Jika disimpan di dalam lemari pendingin, kaldu dapat bertahan selama 2 hari. Jika dibekukan dalam lemari pembeku, maka kaldu dapat bertahan selama 2 bulan.


Kaldu sayuran:
  • Tidak semua jenis sayuran dapat digunakan untuk membuat kaldu sayuran, misalnya kentang. Sebaliknya wortel, bawang bombai, seledri, daun bawang, lobak, dan bunga kol adalah beberapa jenis sayuran yang dapat digunakan untuk membuat kaldu.
  • Untuk memperoleh sari makanan yang terdapat di dalam sayuran, sayuran sebaliknya dipotong kasar dan lama perebusan kurang lebih 1 jam.


Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak.



Resep Sup Ceker Ayam Asparagus

Di Jogja akhir-akhir ini suhunya dingin sekali. Saya jarang mengecek via android tapi biasanya ketika pagi tiba, suhu kamar yang menggunakan AC sekitar 24 hingga 25 derajat celsius lebih hangat ketimbang di luar kamar. Bukan di luar rumah lho. Kebayang kan dinginnya? Jadi fungsi ACnya bukannya mendinginkan tapi menghangatkan hehehe.
Nah menu berupa aneka sup ini pas sekali untuk menghangatkan tubuh. Selain sebagai penghangat, juga untuk melengkapi nutrisi tubuh supaya tidak mudah sakit. Berikut adalah salah satu resep sup yang mungkin bisa Anda coba.
Bahan:
  • 10 buah ceker ayam
  • 750 ml air
  • 1cm jahe, memarkan
  • 1 sdm minyak
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 1 batang daun bawang, potong melintang 2 cm
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 100 g asparagus kalengan, tiriskan
  • 2 buah jamur hioko kering, rendam air panaskan hingga lunak, iris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  • 1/2 sdm sherry, jika Anda suka
Cara membuat:
  1. Seduh ceker ayam dengan air mendidih. Diamkan selama 3 menit. Kuliti dan potong kukunya, cuci bersih. Potong menjadi 2 bagian.
  2. Rebus ceker ayam dan jahe hingga ceker ayam empuk. Angkat. Ukur kaldunya sebanyak 500 ml, sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daun bawang, aduk hingga layu dan angkat.
  4. Masukkan bawang tumis ke dalam kaldu. Tambahkan kaldu bubuk. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih.
  5. Masukkan asparagus, jamur, garam, merica, dan kecap asin. Aduk hingga tercampur rata. Biarkan hingga mendidih.
  6. Tuangi larutan maizena. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan mengental.
  7. Tambahkan sherry. Aduk sebentar. Angkat dan sajikan.
Sup lebih baik disajikan hangat-hangat. Selamat mencoba! :)

Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa.
Resep Penne Ayam Jamur

Untuk Anda ibu bekerja yang tidak punya banyak waktu untuk memasak, menu yang satu ini bisa jadi andalan Anda. Saya juga seorang ibu yang harus bekerja, tapi memasak sebisa mungkin saya lakukan sendiri. Selain karena kita bisa menyesuaikan dengan selera kita, memasak sendiri lebih terjamin kebersihannya. Saya rada parno soalnya lihat pemberitaan yang menggunakan segala macam bahan yang tidak layak untuk dimakan tapi dicampurkan pada jajanan-jajanan khususnya untuk anak-anak. Jadi daripada jajan tapi ga tau isinya, mending masak menu praktis yang satu ini yang juga bisa dijadikan bekal anak Anda di sekolah.
Yuk disimak bahan-bahannya:

Bahan:
  • 250 gr pasta penne pipa
  • 1000 ml air untuk merebus
  • 75 gr daging asap
  • 2 siung bawang putih
  • 400 gr daging dada ayam
  • 200 gr jamur champignon
  • 1 sdm minyak jagung
  • 1 btg daun bawang
  • 2 sdt tepung maizena
  • 250 ml susu evaporasi
  • ½ sdt lada hitam
  • 2 sdm minyak goreng.

Cara membuat:
  1. Didihkan air dengan api besar, rebus penne hingga matang dan mengembang. Angkat dan tiriskan. Bilas dengan air dingin, sisihkan. Daging asap diiris tipis memanjang seperti pipa, sisihkan. Daging dada dibelah dua melebar lalu diiris tipis memanjang seperti pipa, sisihkan. Bawang putih dan daun bawang dicincang kasar, sisihkan.
  2. Jamur diiris tipis dan lada ditumbuk kasar, sisihkan. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng irisan daging asap hingga harum dan kering. Angkat dan sisihkan. Panaskan minyak bekas daging asap dengan api kecil, tumis bawang putih hingga harum keemasan. Masukkan irisan daging ayam, aduk-aduk hingga kaku dan berubah warnanya.
  3. Tambahkan irisan jamur, minyak jagung dan ¾ bagian daun bawang cincang/ masak selama 3 menit hingga jamur layu. Kecilkan apinya. Sesekali diaduk agar matang merata.
  4. Sementara ini larutkan tepung maizena dengan 1 sdm susu cair. Lalu tuang susu dan larutan maizena ke dalam tumisa tadi. Aduk-aduk dan besarkan sedikit apinya. Msak hingga susu mengental. Masukkan penne rebus sambil diaduk hingga bahan dan bumbu tercampur rata. Angkat. Sajikan penne dengan taburan irisan daun bawang, lada hitam tumbuk, dan daging asap goreng.

Tips:
  • Agar penne tidak saling lengket atau menggumpal, ketika merebus tambahkan 1 sdm minyak goreng atau mentega.
  • Selain susu cair, Anda juga bisa menggunakan yogurt tawar atau krim cair. Jika memakai krim kental, kurangi ukurannya ½ bagian.
  • Pada dasarnya semua pasta bisa disajikan bersama saus ayam jamur ini. Pasta bisa langsung dicampur dengan sausnya atau disajikan terpisah.


Menu ini untuk 4 posri, persiapan memasak 15 menit, lama memasak 15 menit.


Sumber: Menu Fastfood Liburan Anak, Buku Seri memasak 61
Resep Kulit Ayam Renyah

Resep kali ini pas sekali dibuat untuk anak-anak di musim liburan. Ya, kulit ayam goreng yang renyah dan crispy biasanya menjadi makanan favorit anak-anak termasuk putri saya. Sesekali mungkin Anda ingin mencoba membuat sendiri dengan porsi lebih banyak dan tentunya terjamin lebih bersih dalam pengolahannya.
Menu ini persiapannya pun relatif singkat serta bahannya juga tidak rumit. Anda bisa segera mencobanya. Beberapa supermarket biasanya menyediakan kulit ayam saja yang bisa Anda beli kiloan. Simak cara membuatnya berikut ini:

Bahan:
  • 500 gr kulit ayam
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 300 ml minyak goreng
  • 300 ml air
  • 2 btr telur
  • 350 gr tepung bumbu

Cara membuat:
  1. Bawang putih dihaluskan dan telur dikocok lepas, sisihkan. Lengkuas dikupas dan diiris tipis, sisihkan. Kulit ayam disiram air mendidih agar lebih mudah membersihkan bulu-bulu yang tertinggal dan lemak yang ada di kulitnya. Lalu cuci bersih.
  2. Panaskan 2 sdm minyak dengan api sedang, tumis bawang putih dan lengkuas hingga harum dan agak layu. Masukkan kulit ayam, aduk-aduk hingga berubah warna dan keluar minyaknya.
  3. Tuang air, merica dan garam. Masak hingga mendidih, kulit ayam empuk dan air habis. Angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin celupkan kulit ayam rebus ke dalam telur kocok dan gulingkan ke dalam tepung bumbu hingga rata. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng kulit ayam hingga matang, renyah berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan panas-panas dengan saus sambal dan saus tomat.

Tips:
  • Untuk menghilangkan lemaknya, kulit ayam dikukus dulu sebelum ditumis dengan bumbu. Proses berikutnya sama.
  • Meski kulti ayam goreng sangat disukai anak-anak sebagai camilan, sebaiknya Anda tidak sering membuatnya. Kecuali jika Anda menyajikannya bersama nasi atau kentang goreng dan semangkuk sup sayur untuk melengkapi gizinya.
  • Setelah dilumuri tepung, kulit ayam bisa disimpan dalam lemari pembeku.

Menu ini untuk 6 porsi, persiapan memasak 10 menit, lama memasak 5 menit.


Sumber: Menu Fastfood Liburan Anak, Buku Seri memasak 61
Resep Martabak Ayam Pedas

Anda pernah mencoba martabak asin? Ya, menu ini hampir sama dengan martabak asin tersebut hanya saja kita bisa berkreasi untuk memodifikasi isinya. Jika Anda menyukai rasa yang pedas, makan Anda bisa mengikuti semua langkah memasak seperti di menu ini. Tapi jika tidak, Anda bisa menghilangkan cabai dari daftar bumbu dan bahannya.
Isinya tidak terbatas pada apa yang ada di daftar bahan saja. Anda juga bisa berkreasi untuk mengganti ayam menjadi udang, jamur, sosis, potongan telur atau kornet. Tergantung selera keluarga Anda. Berikut cara memasak martabak ayam pedas:  

Bahan:
  • 15 lbr kulit lumpia
  • 2 btr telur
  • 1 btg daun bawang
  • 50 gr soun
  • 150 ml air panas
  • 200 gr daging cincang ayam
  • 15 bh cabai rawit
  • 300 ml minyak goreng
  • 50 gr wortel
  • 50 gr bengkoang


Bumbu:
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • 3 bh cabai merah
  • 1 sdt garam


Cara membuat:
  1. Daun bawang diiris tipis, sisihkan. Wortel dan bengkoang dicincang kasar, sisihkan. Soun diseduh air panas. Tiriskan dan dipotong 5cm. telur dikocok lepas, sisihkan.
  2. Bumbu: haluskan bawang putih bersama lada, cabai merah dan garam. Lalu masukkan ke dalam mangkuk sedang dan tuang telur kocok. Aduk-aduk hinga rata. Tambahkan irisan daun bawang, soun, cincang ayam, cincangan wortel dan bengkoang. Aduk-aduk lagi hingga bahan dan bumbu tercampur.
  3. Aduk selembar kulit lumpia, isi bagian tengah dengan 1 sdm adonan ini. Ratakan, lalu beri cabai rawit di tengahnya. Lalu kulit lumpia dilipat seperti amplop kotak. Rekatkan pinggirannya dengan air atau putih telur. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng martabak hingga matang dan renyah berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan segera panas-panas dengan acar timun wortel dan saus cuka.

Tips:
  • Acar: timun dan wortel dipotong dadu 1 cm, bawang merah dipotong-potong. Tambahkan cabai rawit, gula pasir dan cuka. Aduk rata dan diamkan 30 menit.
  • Saus cuka: gula merah direbus bersama garam, cuka, bawang putih dan cabai rawit halus.


Persiapan memasak 20 menit, lama memasak 7 menit.


Sumber: Menu Fastfood Liburan Anak, Buku Seri memasak 61
Resep Ketupat Laksa Telur

Menu yang satu ini mirip dengan menu yang biasa ibu saya masak di rumah. Ciri khasnya yang sangat mirip adalah telur yang direbus, dikupas kulitnya, kemudian digoreng terlebih dahulu supaya bagian putihnya menjadi menggelembung-gelembung sedikit dan berwarna kuning. Tujuannya agar bumbunya bisa meresap di bagian yang menggelembung tersebut. Biasanya dimasak santan atau dimasak balado. Rasanya gurih dan agak spicy. Tapi untuk rasa pedasnya sesuai selera Anda.
Nah menu ini pas sekali disajikan saat lebaran bersama ketupat. Cara memasaknya pun relatif mudah. Ga pake lama udah bisa dinikmati. Yuk dicek bahan-bahannya.

Bahan:
  • 5 bh ketupat, potong sesuai selera
  • 5 btr telur ayam
  • 200  ml minyak goreng
  • 300 ml air hangat
  • ½ btr kelapa parut
  • 2 sdm kelapa parut ekstra
  • 1 btg serai
  • 1 lbr daun jeruk
  • ½ ikat kemangi
  • 500 ml air untuk merebus
Bumbu:
  • 6 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt lada
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas temu mangga
Cara membuat:
  1. Didihkan air dengan api besar, lalu rebus telur hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin telur dikupas. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, sisihkan. Serai dimemarkan bagian putihnya dan kemangi dipetiki daunnya, sisihkan. Kelapa parut ekstra disangrai hingga harum dan kering, sisihkan.
  2. Bumbu: ketumbar dan jintan disangrai terpisah hingga harum dan kering, sisihkan. Bawang merah, bawang putih, temu mangga, lengkuas dan kunyit dikupas lalu dipotong. Haluskan bumbu potong bersama lada, ketumbar dan jintan. Sisihkan. Tuang air hangat ke dalam wadah berisi kelapa parut. Remas-remas dan saring ke dalam panci. Tambahkan bumbu halus, kelapa sangrai, daun jeruk dan daun salam. Aduk-aduk.
  3. Kemudian panaskan santan berbumbu dengan api kecil. Masak hingga mendidih sambil sesekali ditimba agar santan tidak pecah. Masukkan telur goreng dan teruskan memasak hingga santan mengental dan berminyak serta mengering. Matikan apinya dan biarkan hangat di kompor.
  4. Taruh potongan ketupat dalam beberapa piring saji serasi. Lalu masing-masing piring dituangi laksa telur hingga ketupat agak terndam. Taburi dengan daun kemangi dan sajikan panas-panas.

Menu ini untuk 5 porsi, lama persiapan memasak 15 menit, dan lama memasak 20 menit. Pas untuk satu keluarga kecil dan bisa dimasak dengan waktu yang cukup singkat. Happy cooking! J


Sumber: Menu Lebaran, Buku Seri Memasak 77.
Resep Biskuit Cokelat Wheaties

Ketika saya sedang membolak-balik halaman buku resep, putri saya yang berumur 3,5 tahun mendadak meminta saya berhenti pada halaman resep ini. “Ini enak, mama. Kayak yang di mall itu lho”, katanya meyakinkan saya dengan mata berbinar. Entah di toko kue mana ia sempat melirik kue ini, tapi seingat saya, saya belum pernah membelikannya. Atau jangan-jangan ia hanya tertarik dengan lapisan coklatnya? Hahaha, entahlah. Tapi pernyataannya member saya ide untuk mencobanya di lain waktu.
Tapi ada beberapa catatan sebelum membuat kue biskuit ini. Anda bisa menyimak cara memanggang yang baik dulu sebelum mencobanya. And ready? Berikut cara membuat biskuit coklat wheaties.

Bahan untuk membuat biscuit coklat wheaties:
  • 90 gr mentega
  • 100 gr gula pasir cokelat, bila sulit ditemukan, dapat juga menggunakan gula palm suiker
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 20 gr kelapa parut kering
  • 25 gr wheatgerm (benih gandum), opsional tergantung selera
  • 120 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung terigu jenis self raising
  • 150 gr cokelat batangan tanpa isi jenis dark, lelehkan

Cara memasak:
  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat C.
  2. Kocok mentega dan gula dengan mixer sampai halus.
  3. Tambahkan telur, lalu kocok sampai semua tercampur.
  4. Masukkan kelapa, benih gandum, dan semua tepung. Aduk rata.
  5. Ambil adonan seukuran sendok the dan bentuk menjadi bola, lalu letakkan pada Loyang yang telah diolesi mentega tipis-tipis dengan jarak antar kue 3 cm, kemudian  tekan permukaan biscuit perlahan dengan garpu.
  6. Panggang dalam oven selama 15 menit atau sampai kecokelatan, kemudian biarkan dingin di atas Loyang.
  7. Celupkan setengah bagian dari tiap biscuit dalam cokelat yang telah dilelehkan, letakkan di atas rak pendingin sampai cokelat mengeras.

Adonan ini untuk 35 potong biscuit. Tiap biscuit mengandung 4,5 gr lemak, 82 kalori.


Gimana, Anda berencana mencoba juga bukan? Jangan lupa cek tips cara memanggang yang baik dulu yah.
Resep Es Teler yang Segar dan Istimewa

Di jogja, yang namanya es teler itu juaranya masih dipegang sama Es Teler 77 (setahu saya sih, kalo ada yang lebih ok, boleh info saya lho). Hmmm, saya doyan banget tuh. Padahal bahannya juga ga banyak lho, dan keliatannya bikinnya juga ga ribet. Harusnya bisa bikin sendiri ya. Cuma males aja. :D Cuma dicampur aja semua bahan-bahannya, dan langsung bisa dinikmati. Dan yang penting semua bahannya itu fresh. Kalo bisa pakai alpukat mentega, pernah denger kan ya? Daging buahnya tebal dan warnanya kuning menggoda seperti mentega. Kelapa juga pilih yang muda donk ya supaya air kelapa yang dipake juga seger banget. Nangka juga pilih yang matang tapi masih kuning dan agak keras. Pas banget tuh.
Paling yang ribet itu ngeruk kelapanya kali ya? Kalo susah ya minta aja ke penjual kelapa muda sekalian dikerukin. Hihihi. Ga mau repot. Coba dilihat dulu ya resepnya. Langsung praktek sore ini juga ga masalah koq. Cekidot...

Bahan untuk membuat es teler:
  • 2 buah alpukat matang, keruk daging buahnya
  • 10 buah nangka, buang bijinya, potong 2 x 2 cm
  • 2 butir kelapa muda, keruk daging buahnya, sisihkan airnya
  • 50 ml sirup merah (rozen) atau sirup vanili
  • 50 ml susu kental manis
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es teler:
  1. Masukkan alpukat, nangka, kelapa muda, sirup, dan susu kental manis ke dalam mangkuk berisi air kelapa muda. Aduk hingga sirup dan susu larut.
  2. Sajikan dingin dengan tambahan es batu yang diserut atau berupa es batu kotak juga bisa sesuai selera.

Nah kah, gampang banget. Tunggu apalagi? Jangan nunggu bedug bunyi baru dibikin... Keburu kehausan. Haha.

Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak. 

Denger kata burger, wuah pasti kebayang dua potong roti besar, daging asap, mayonnaise, bawang bombay, selada, tomat sama keju. Ya ngga? #jadilaper
Yup, burger biasanya isinya begitu. Kalo isi telor itu mah empek-empek. Apalagi kalo isi selai, itu mah nastar. Main tebak-tebakan deh nantinya.
Nah kali ini kita coba bereksperimen salah satu resep yang katanya ga kalah enak sama burger biasanya itu. Judulnya aja bikin kita mengernyitkan dahi.
Burger ayam nanas. Kenapa ayam? Kenapa nanas? Kenapa bukan daging kambing, kenapa bukan buah duren? Ummm (thinking), saya harus jawab apa ya?
Yah pokoknya gitu deh resepnya. Jadi daripada penasaran, kenapa ngga dibikin aja sekalian? #malahnanya
Monggo disimak cara bikinnya:



Bahan membuat Burger Ayam Nanas:

  • 2 potong daging dada ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica
  • 2 sendok makan margarin
  • ½ buah nanas
  • 25 gr paprika merah
  • 100 gr keju mozarella
  • 4 potong burger
  • 4 lembar daun selada
  • 1 buah bawang bombay
  • aluminium foil

Saus, aduk rata:

  • 4 sendok makan mayones
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 25 gr daun seledri
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica

Cara membuat Burger Ayam Nanas:

  1. Cuci semua sayuran yang akan diolah. Paprika dibelah dua melintang. Buang bijinya lalu diiris tipis bulat, sisihkan. Nanas dikupas dan dibuang matanya. Setelah dicuci, nanas diiris bulat ½ cm, sisihkan. Daun sledri dicincang halus, sisihkan. Daun selada dicabik-cabik kasar, sisihkan. Mozarella diiris tipis melebar, sisihkan.
  2. Daging ayam dicuci dan dibelah dua melebar. Lalu lumuri dengan garam dan merica kedua sisinya. Diamkan beberapa menit agar bumbu mereap. Panaskan margarin dengan api sedang, goreng irisan daging ayam sambil ditekan-tekan hingga matang berwarna kuning keemasan. Angkat.
  3. Susun daging ayam goreng dalam loyang atau pinggan tahan panas yang telah dialasi dengan alumunium  foil. Susun berturut-turut diatas masing-masing irisan daging ayam, nanas, paprika dan keju. Lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan lebih dulu pada suhu 180° C selama 10-15 menit atau hingga matang dan keju meleleh berwarna cokelat keemasan. Biarkan ayam hangat dalam oven sebelum disajikan.
  4. Saus: masukkan mayones kedalam mangkuk sedang. Beri saus tomat, irisan daun seledri, daram dan merica. Aduk-aduk hingga bahan rata. Alasi piring saji dengan cabikan daun selada lalu susun ayam panggang diatasnya dan siram dengan saus mayones. Sajikan segera panas-panas.

Saran penyajian:
Alasi roti burger dengan daun selada, lalu taruh ayam panggang, irisan nanas dan paprika. Siram dengan sausnnya. Atau sajikan ayam panggang dengan kentang goreng atau kentang pure.

Tuh kan? Ga aneh-aneh banget kan? Dicoba dulu yak. Jangan lupa hasilnya laporin ke saya. #eh

Sumber: Buku seri memasak 61, MENU fastfood