WHAT'S NEW?
Loading...
Resep Biskuit Cokelat Wheaties

Ketika saya sedang membolak-balik halaman buku resep, putri saya yang berumur 3,5 tahun mendadak meminta saya berhenti pada halaman resep ini. “Ini enak, mama. Kayak yang di mall itu lho”, katanya meyakinkan saya dengan mata berbinar. Entah di toko kue mana ia sempat melirik kue ini, tapi seingat saya, saya belum pernah membelikannya. Atau jangan-jangan ia hanya tertarik dengan lapisan coklatnya? Hahaha, entahlah. Tapi pernyataannya member saya ide untuk mencobanya di lain waktu.
Tapi ada beberapa catatan sebelum membuat kue biskuit ini. Anda bisa menyimak cara memanggang yang baik dulu sebelum mencobanya. And ready? Berikut cara membuat biskuit coklat wheaties.

Bahan untuk membuat biscuit coklat wheaties:
  • 90 gr mentega
  • 100 gr gula pasir cokelat, bila sulit ditemukan, dapat juga menggunakan gula palm suiker
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 20 gr kelapa parut kering
  • 25 gr wheatgerm (benih gandum), opsional tergantung selera
  • 120 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung terigu jenis self raising
  • 150 gr cokelat batangan tanpa isi jenis dark, lelehkan

Cara memasak:
  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat C.
  2. Kocok mentega dan gula dengan mixer sampai halus.
  3. Tambahkan telur, lalu kocok sampai semua tercampur.
  4. Masukkan kelapa, benih gandum, dan semua tepung. Aduk rata.
  5. Ambil adonan seukuran sendok the dan bentuk menjadi bola, lalu letakkan pada Loyang yang telah diolesi mentega tipis-tipis dengan jarak antar kue 3 cm, kemudian  tekan permukaan biscuit perlahan dengan garpu.
  6. Panggang dalam oven selama 15 menit atau sampai kecokelatan, kemudian biarkan dingin di atas Loyang.
  7. Celupkan setengah bagian dari tiap biscuit dalam cokelat yang telah dilelehkan, letakkan di atas rak pendingin sampai cokelat mengeras.

Adonan ini untuk 35 potong biscuit. Tiap biscuit mengandung 4,5 gr lemak, 82 kalori.


Gimana, Anda berencana mencoba juga bukan? Jangan lupa cek tips cara memanggang yang baik dulu yah.
Resep Es Teler yang Segar dan Istimewa

Di jogja, yang namanya es teler itu juaranya masih dipegang sama Es Teler 77 (setahu saya sih, kalo ada yang lebih ok, boleh info saya lho). Hmmm, saya doyan banget tuh. Padahal bahannya juga ga banyak lho, dan keliatannya bikinnya juga ga ribet. Harusnya bisa bikin sendiri ya. Cuma males aja. :D Cuma dicampur aja semua bahan-bahannya, dan langsung bisa dinikmati. Dan yang penting semua bahannya itu fresh. Kalo bisa pakai alpukat mentega, pernah denger kan ya? Daging buahnya tebal dan warnanya kuning menggoda seperti mentega. Kelapa juga pilih yang muda donk ya supaya air kelapa yang dipake juga seger banget. Nangka juga pilih yang matang tapi masih kuning dan agak keras. Pas banget tuh.
Paling yang ribet itu ngeruk kelapanya kali ya? Kalo susah ya minta aja ke penjual kelapa muda sekalian dikerukin. Hihihi. Ga mau repot. Coba dilihat dulu ya resepnya. Langsung praktek sore ini juga ga masalah koq. Cekidot...

Bahan untuk membuat es teler:
  • 2 buah alpukat matang, keruk daging buahnya
  • 10 buah nangka, buang bijinya, potong 2 x 2 cm
  • 2 butir kelapa muda, keruk daging buahnya, sisihkan airnya
  • 50 ml sirup merah (rozen) atau sirup vanili
  • 50 ml susu kental manis
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es teler:
  1. Masukkan alpukat, nangka, kelapa muda, sirup, dan susu kental manis ke dalam mangkuk berisi air kelapa muda. Aduk hingga sirup dan susu larut.
  2. Sajikan dingin dengan tambahan es batu yang diserut atau berupa es batu kotak juga bisa sesuai selera.

Nah kah, gampang banget. Tunggu apalagi? Jangan nunggu bedug bunyi baru dibikin... Keburu kehausan. Haha.

Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak. 

Denger kata burger, wuah pasti kebayang dua potong roti besar, daging asap, mayonnaise, bawang bombay, selada, tomat sama keju. Ya ngga? #jadilaper
Yup, burger biasanya isinya begitu. Kalo isi telor itu mah empek-empek. Apalagi kalo isi selai, itu mah nastar. Main tebak-tebakan deh nantinya.
Nah kali ini kita coba bereksperimen salah satu resep yang katanya ga kalah enak sama burger biasanya itu. Judulnya aja bikin kita mengernyitkan dahi.
Burger ayam nanas. Kenapa ayam? Kenapa nanas? Kenapa bukan daging kambing, kenapa bukan buah duren? Ummm (thinking), saya harus jawab apa ya?
Yah pokoknya gitu deh resepnya. Jadi daripada penasaran, kenapa ngga dibikin aja sekalian? #malahnanya
Monggo disimak cara bikinnya:



Bahan membuat Burger Ayam Nanas:

  • 2 potong daging dada ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica
  • 2 sendok makan margarin
  • ½ buah nanas
  • 25 gr paprika merah
  • 100 gr keju mozarella
  • 4 potong burger
  • 4 lembar daun selada
  • 1 buah bawang bombay
  • aluminium foil

Saus, aduk rata:

  • 4 sendok makan mayones
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 25 gr daun seledri
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica

Cara membuat Burger Ayam Nanas:

  1. Cuci semua sayuran yang akan diolah. Paprika dibelah dua melintang. Buang bijinya lalu diiris tipis bulat, sisihkan. Nanas dikupas dan dibuang matanya. Setelah dicuci, nanas diiris bulat ½ cm, sisihkan. Daun sledri dicincang halus, sisihkan. Daun selada dicabik-cabik kasar, sisihkan. Mozarella diiris tipis melebar, sisihkan.
  2. Daging ayam dicuci dan dibelah dua melebar. Lalu lumuri dengan garam dan merica kedua sisinya. Diamkan beberapa menit agar bumbu mereap. Panaskan margarin dengan api sedang, goreng irisan daging ayam sambil ditekan-tekan hingga matang berwarna kuning keemasan. Angkat.
  3. Susun daging ayam goreng dalam loyang atau pinggan tahan panas yang telah dialasi dengan alumunium  foil. Susun berturut-turut diatas masing-masing irisan daging ayam, nanas, paprika dan keju. Lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan lebih dulu pada suhu 180° C selama 10-15 menit atau hingga matang dan keju meleleh berwarna cokelat keemasan. Biarkan ayam hangat dalam oven sebelum disajikan.
  4. Saus: masukkan mayones kedalam mangkuk sedang. Beri saus tomat, irisan daun seledri, daram dan merica. Aduk-aduk hingga bahan rata. Alasi piring saji dengan cabikan daun selada lalu susun ayam panggang diatasnya dan siram dengan saus mayones. Sajikan segera panas-panas.

Saran penyajian:
Alasi roti burger dengan daun selada, lalu taruh ayam panggang, irisan nanas dan paprika. Siram dengan sausnnya. Atau sajikan ayam panggang dengan kentang goreng atau kentang pure.

Tuh kan? Ga aneh-aneh banget kan? Dicoba dulu yak. Jangan lupa hasilnya laporin ke saya. #eh

Sumber: Buku seri memasak 61, MENU fastfood

Dulu, saat saya masih kecil, saya sangat takjub ketika ibu saya membuat es kopyor dan trik untuk membekukan agar-agarnya adalah dengan cara menuangkan agar-agar yang masih panas(baru selesai dimasak) ke atas sebongkah es batu. Agar-agar berwarna pink itu otomatis akan memadat. Sebelumnya, saya pikir agar-agarnya dipadatkan terlebih dahulu kemudian entah dicincang atau bagaimana pokoknya bentuknya seperti seolah-olah diserut. Ah ternyata saya salah. Siapa sih yang punya ide seperti itu? Iseng sekaligus keren banget. :D

Dan di sini sebelum membuat es campur, atau sebangsanya ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal seputar mengolah bahannya.

Seputar Santan:
  • Membuat santan dengan blender, Kupas 1 butir sedang (kurang lebih 500 g) kelapa tua, potong-potong kecil. Masukkan ke dalam blender, tambahkan 1 gelas air(kurang lebih 240 ml). Blender kelapa hingga halus, lalu peras sambil disaring. Hasilnya 500 ml santan kental.
  • Saat memasak santan, gunakan api kecil dan aduk terus, agar santan tidak "pecah". Santan merupakan emulsi minyak dalam air, atau campuran dua zat yang sebenarnya tidak larut. Emulsi santan distabilkan oleh adanya senyawa protein kelapa. Emulsi tersebut mudah "pecah" terutama oleh suhu rendah atau tinggi, sehingga terpisah antara bagian air dan krim santannya. Pengadukan secara berlebihan saat memasak adalah upaya untuk mempertahankan kestabilan santan.

Seputar Es batu dan Es serut

  • Agar es batu lebih mudah dikeluarkan dari tempatnya tanpa retak, minyaki dulu cetakannya, biarkan seharian, lalu cuci dengan air panas dan sabun.
  • Membuat es batu sebening kristal dapat dilakukan dengan menggunakan air mendidih. Masukkan langsung air yang baru saja mendidih dan bekukan dalam lemari pembeku. Air mendidih mengandung lebih sedikit oksigen daripada air biasa, sehingga akan lebih cepat membeku dan hasilnya bening.
  • Es serut dapat dibuat dengan menggunakan penyerut es batu sederhana yang digerakkan secara manual, atau alat serut elektronik yang terbuat dari stainless steel.

Seputar pewarna makanan/minuman

  • Pewarna alami: gula merah memberikan warna cokelat, daun suji warna hijau, daun pandan warna hijau muda, merang warna hitam, kunyit warna kuning, bunga rosella memberikan warna merah muda. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan pewarna alami ketimbang pewarna buatan. Tujuannya untuk menghindari resiko penyakit kanker.
  • Pewarna buatan: pewarna khusus untuk makanan (food grade) dengan yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan dan BPOM.


Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak.

Salah seorang teman kantor saya yang berprofesi sebagai web designer beberapa hari ini mendapat godaan luar biasa. Pasalnya, di saat kudu berpuasa, eh dia dikasi project bikin desain website tentang jualan es krim. Dan beberapa gambar es krim yang dikirim klien kudu ditata sedemikian rupa di halaman desainnya. Beh, kalo ngga ngiler itu sudah pasti kadar imannya level dewa. Dan dengan memelas dia update status di facebook yang isinya seperti ini, "Piye perasaanmu, puasa-puasa dapat project isinya gambar es krim semua?" Lha piye jal? Hahaha. Kasian...

Ya, pas panas-panas, siang terik, lagi puasa, pasti rasanya pingin banget sesuatu yang dingin, seger, lumer di mulut... ummm... (malah ngiler sendiri). Nah menu kali ini pas banget buat berbuka puasa. Bikinnya juga gampang banget. Yuk diliat bahannya apa aja.

Bahan membuat es shanghai:
  • 2 buah kelapa muda
  • 250 g cincau hitam, potong bentuk dadu ukuran 1 cm
  • 4 biji nangka matang, buang bijinya, potong persegi ukuran 1 cm
  • 100 g tapai singkong, potong bentuk dadu ukuran 1,5cm
  • 600 g es serut
  • 100 ml susu kental manis
  • 100 ml sirup pandan wangi merah (coco pandan)
  • 250 g kacang merah yang sudah direndam dan direbus (optional)
Agar-agar:
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • 500 ml air
  • 50 g gula pasir
Sirup Gula:
  • 500 g gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, cuci bersih, simpulkan dan robek-robek
Cara membuat es shanghai:
  1. Agar-agar: Campur agar-agar dengan air dan gula pasir. Masak sambil diaduk hingga gula larut dan mendidih. Angkat. Tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga dingin. Potong bentuk dadu ukuran 1 cm.
  2. Keruk daging kelapa muda. Sisihkan airnya sebanyak kurang lebih 300 ml untuk membuat sirup gula.
  3. Sirup gula: Campur air kelapa muda dengan gula dan daun pandan. Aduk hingga tercampur rata dan gula larut. Sisihkan.
  4. Sisihkan 6 buah mangkuk saji. Tuangi sirop gula, lalu masukka agar-agar, cincai, nangka, tapai singkong, daging buah kelapa, biji delima dan kacang merah.
  5. Tambahkan es serut hingga menutupi mulut mangkuk. Tuang susu dan sirop merah di atasnya.

Gimana, gampang kan buatnya? Sebelum membuat ada baiknya baca dulu Tips Membuat Es Campur ya. Selamat bertahan hingga jam berbuka puasa. :D

Sumber: Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, Ide Masak.
Resep Sup ikan Gurih
Resep Sup ikan Gurih
Dulu saya paling anti yang namanya masak ikan. Selain karena aromanya yang cenderung amis, takut kalo gagal mengolahnya, saya memang saat itu ga bisa masak. :D Jadi lebih aman masak ayam. Lebih aman lagi kalo masak sebangsa sosis, nugget ato kornet kali ya. Hihihi, mulai deh.

Tapi sejak memiliki anak, yang memang mungkin cenderung memilih makanan yang gampang dikunyah, terpaksa deh kudu nyoba masak yang namanya ikan. Putri saya memang lebih doyan makan ikan ketimbang ayam. Kalo makan daging ayam itu juga kudu diiris kecil-kecil supaya ga susah ngunyahnya.Apalagi kalo dapat daging di bagian dada, biasanya cuma dikunyah sebentar trus "dilepeh" deh. Saya juga membatasi putri saya untuk makan makanan instan semacam sosis dan teman-temannya. Jadi ya lebih aman masak ikan.
Dari banyak alasan itulah, mau ngga mau saya kudu belajar masak resep baru berbahan dasar ikan. Bermodal nekad dan niat, maka jika Anda adalah ibu seperti saya, yang masih coba-coba kalo memasak, saya bagikan nih resep khusus lagi untuk pemula. So, cekidot gan.

Bahan:
  • 400 gram fillet ikan tuna potong 3x4 cm
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
Kuah:
  • 1.500 ml santan dari ¾ kelapa ukuran besar
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong
  • 4 buah belimbing sayur, potong dua memanjang
  • 3 buah cabai hijau, potong panjang dua bagian
  • 2 tangkai serai, memarkan
  • 12 lembar daun jeruk
  • 2 ½ sendok teh garam
  • ½ sendok makan gula pasir
Bumbu halus:
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 ekor ebi
Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, dan gram. Diamkan 15 menit.
  2. Untuk kuah, rebus santan, bumbu halus, tomat, belimbing sayur, cabai hijau, serai, dan daun jeruk sampai mendidih dan harum.
  3. Kecilkan api. Masukkan ikan, garam, dan gula. Masak smpai ikan matang. Masukkan daun jeruk. Biarkan harum. Angkat.
Tips:
  • Kuah dibuat bersantan, tetapi santannya encer sehingga rasa sup tetap ringan.
  • Kesegaran sup diperoleh dasi tomat dan belimbing sayur.
  • Rasa gurih mengandalkan ikan dan santan.
  • Perebusan sebaiknya tidak lama agar ikan tidak hancur.
Tuh, pas banget kan buat pemula? Makanya saya bagiin. Dijamin rasanya ga kayak pemula juga deh. :D

Sumber: Sedap khusus pemula 82/XV/2014
Resep Ayam Gulung Saus Jamur

Yang namanya daging ayam itu emang cocok dimasak apa aja. Dikreasikan sedemikian unik juga bukan perkara sulit. Pinter-pinter aja memadu padankan bumbu.
Ibarat baju nih, daging ayam itu kayak kemeja warna putih, mau dipadanin sama warna apapun, dipake sama warna kulit apapun tetep Ok. Ga pake ribet ngilangin amis.
Matangnya juga ga terlalu lama, dan bumbunya apa aja tetep masuk. Makanya kali ini yang dibahas daging ayam lageee. :D
Dan kali ini padanannya tuh sama saus jamur. Hmmmm, kebayang kan ya enaknya? Kebetulan saya doyan juga nih makan jamur. Apalagi kalo jamurnya udah dikreasikan macem-macem.
Mungkin kapan-kapan perlu juga tuh ngebahas aneka menu jamur seperti di warung makan Jejamuran di Jogja yang terkenal dengan aneka kreasi masakan berbahan jamur dan punya
tempat pembudidayaan sendiri. Ok, noted again!
Dan ini deh cara masak resep ayam saus jamur:


Bahan:
  • 3 potong dada ayam
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica
  • 300 ml minyak untuk menggoreng
Isi:
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • ¼ buah bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 100 gr jamur champignon
  • 50 gr kacang polong
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan tepung terigu
Saus:
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 sendok makan terigu
  • 100 ml kaldu ayam
  • 50 ml krim encer
  • 1 sendok makan bawang bombay
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica
  • 4 buah jamur champignon
Cara membuat:
  1. isi: bawang bombay dan bawang putih dikupas dan dicincang halus, sisihkan. Jamur dicuci dan diiris tipis, sisihkan. Panaskan minyak dengan api sedang lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum berwarna keclokatan. Masukkan irisan jamur dan kacang polong. Masak sambil diaduk hingga matang. Tambahkan saus saus tiram dan tepung terigu sambil tetap diaduk hingga kental. Angkat, sisihkan.
  2. Saus: Bawang bombay dikupas dan dicincang halus, sisihkan. Jamur dicuci dan diiris tipis, sisihkan. Panaskan margarin dengan api sedang lalu tumis bawang bombay hingga harum kecoklatan. Masukkan tepung terigu sambil diaduk. Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga bahan larut. Tambahkan irisan jamur, garam, merica dan krim. Masak sambil sesekali diaduk hingga semua bahan matang. Angkat.
  3. Sayat bagian tengah dada ayam perlahan-lahan lalu kucuri dengan air jeruk lemon, garam dan merica sambil diratakan. Tuang 1/3 bagian adonan isi di atasnya, gulung ayam hingga padat. Semat dengan tusuk gigi. Lakukan juga pada sisa dada ayam lainnya. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng gulungan ayam hingga matang berwarna kuning keclokatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Ayam gulung dipotong bulat 1 ½ cm lalu susun di piring saji. Lalu siram dengan saus jamur panas-panas dan sajikan.
Menu ini juga pas banget sebagai menu usaha lho. Mana tau ada yang bikin warung dengan reseo ayam gulung saus jamur sebagai menu utamanya. :D
Sumber: Buku seri memasak 104, MENU Usaha
Resep Rendang Daging Istimewa Khas Padang
Membayangkan rumah makan padang, itu ga mantap kalo ngga ada yang namanya rendang.
Aromanya, saus bumbunya, rasa pedasnya behh, bikin ngiler tiada tara. Apalagi bulan puasa begini kan ya? :D
Jadi ga heran kenapa menu yang satu ini jadi mendunia dan dianggap makanan terlezat karena kaya rempah dan rasa.
Dan ga heran kalo rumah makan khas Padang ini tersebar di mana-mana. Siapa yang bisa menolak cita rasanya, broww...

Dan suatu ketika salah seorang teman saya dengan bangga bercerita tentang pengalamannya memasak rendang.
Saya yang kala itu hanya memiliki keahlian ceplok telor dan masak sayur bayam benar-benar takjub.
Wuauuw, bumbunya apa, Mbak? tanya saya. Disambut dengan jawaban sederet nama bumbu yang beberapa asing bagi saya.
Tapi di akhir cerita ia menambahkan nasehat, kalo cuma buat dimakan sendiri dan dalam jumlah sedikit, mending beli aja deh. Ga sebanding ribetnya, katanya.
Waduh, hal itu yang menyurutkan nyali saya untuk mencoba hingga hari ini. Tapi mungkin disimpan dulu aja kali ya ini menu.
Siapa tau keberanian saya meningkat, saya bingung mau ngerjain apa, ditambah lagi khilaf, bisa jadi ada menu rendang dengan racikan tangan saya sendiri. :D
Yuk dicek dulu bumbunya.

Bahan-bahan rendang :
  • Siapkan 2 kilogram daging khas yang telah dibersihkan lemaknya dan kemudian potong dengan ukuran 4x4 cm.
  • Siapkan 2 liter santan (santan perasan dari 3 buah kelapa parut)

Bumbu-bumbu rendang daging sapi :
  • 3 lembar daun kunyit, ikatkan dalam bentuk simpul
  • 5 lembar daun jeruk purut sebagai penambah aroma
  • 3 batang daun serai yang telah dimemarkan
  • 3 cm asam kandis atau asam gelugur

Bumbu rendang (dihaluskan) :
  • 1 ruas ibu jari lengkuas
  • 1 ruas ibu jari kunyit yang telah dibakar
  • 2 cm jahe, bakar
  • 100 gram cabe merah besar (lombok)
  • 100 gram cabe merah keriting (bisa ditambahkan tergantung selera)
  • 14 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh jinten yang telah disangrai
  • 1/2 sendok teh pala
  • 2 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Rendang Daging Sapi
  • Daging sapi dibersihkan terlebih dahulu kemudian dipotong-potong sesuai selera. Lebih baik jika dipotong melawan arah serat daging agar nanti mudah untuk dikonsumsi.
  • Panaskan santan dalam wajan menggunakan api sedang, masukkan bumbu yang telah dihaluskan, daun jeruk, daun kunyit dan asam kandis.
  • Aduk santan dan bumbu tersebut agar santan tidak pecah hingga santan mengental.
  • Setelah rebusan mengeluarkan minyak, masukkan daging sapi yang telah dpotong-potong.
  • Aduk terus, jangan sampai berhenti hingga bumbu rendang agak mengering dan berwarna kecoklatan dan daging empuk.
  • Angkat dan siap disajikan. 

Tips memasak rendang khas Padang
- Lebih baik menggunakan santan hasil dari perasan kelapa daripada santan instan, karena akan mengurangi rasa.
- Saat memotong daging, jangan memotong searah dengan urat daging tapi potonglah secara melintang agar lebih mudah empuk dan mudah untuk dipotong saat disantap.
- Agar daging tidak hancur karena proses memasak yang lama, maka anda bisa mengangkat daging tersebut setelah cukup empuk dan matang kemudian biarkan bumbunya mengering, dan setelah kering Anda bisa memasukkan dagingnya kembali ke dalam bumbu.
Resep Nasi Teri Bakar Gurih dan Mantap
Dulu ada salah satu tempat makan favorit nasi teri bakar di jalan Godean, Jogja. Tapi sayangnya warung kecil dan sederhana ini raib entah ke mana. Kirain tutup sementara, eh ternyata tutup selamanya. Padahal pengunjungnya juga rame lho. Dan ga jarang ngantrinya lama hanya untuk seporsi nasi. Kebetulan keluarga suami saya juga ada yang berdomisili di daerah situ. Jadi ga jarang suguhan untuk menu makan malam ketika mampir ke sana ya nasi teri bakar ini.
Aroma khas teri, nasi gurih, daun kemangi dan daun pisang yang dibakar jadi bikin ngiler kalo ga segera disantap. Ah jadi kangen sama menu satu ini.


Pernah suatu ketika saya dan adik ipar saya coba-coba untuk bikin menu ini. Ngga susah sih, cuma agak ribet. Apalagi ketika masuk ritual membungkus pakai daun pisang. Ternyata kalo ga telaten tuh ga semudah yang terlihat. Hehe. Tapi ketika udah jadi, wuih puas banget deh.
Mumpung saya ingat makanya saya share menu yang satu ini. Dicek dulu ya bahan-bahannya.


Bahan Nasi Teri Bakar
  • ¼ kg beras
  • 2 ons teri kecil, goreng
  • ½ buah kelapa, ambil santa
    nnya
  • 2 lembar daun salam
  • Batang daun serai, ambil bagian putihnya lalu memarkan
  • Daun jeruk dan daun kemangi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • ¼ daging ayam segar, goreng crispy
  • 2 buah tomat warna merah
  • Buah mentimun secukupnya, iris bulat
  • Sambel terasi
Cara membuat Nasi Bakar
  1. Rebus daun salam, daun jeruk, daun serai dan garam bersama dengan santan hingga mendidih
  2. Masak beras bersama dengan air santan yang udah matang tadi, tambahkan gorengan ikan teri, aduk hingga rata lalu biarkan hingga matang.
  3. Ambil daun pisang, bungkus nasi bersama dengan daun kemangi menggunakan daun pisang tersebut, seperti lontong, lalu bakar diatas api hingga matang.
  4. Jika sudah tercium bau matang, bisa anda angkat. Lalu sajikan nasi bakar teri bersama dengan ayam goreng, buah tomat yang sudah dopotong, dan mentimun, dan jangan lupa tambahkan sambal terasi. Nasi bakar siap dihidangkan.
Demikian cara memasak nasi teri bakar yang aromanya menggoda. Silahkan mencoba.

Suatu ketika saya mengajak teman baik saya berkunjung ke kampung eyang saya di kaki gunung Merbabu. Lebih dekat ke arah gunung Andong sebenernya. Yak gunung Andong lagi booming sekarang. Konon karena pas banget untuk pendaki pemula. Dan itu yang membuat teman saya itu penasaran. Kebetulan sekali saat saya datang, bertepatan dengan hari raya tertentu. Saya lupa hari raya apa, yang jelas waktu itu eyang saya dapat jatah daging kambing yang entah berapa kilo.
Eyang kakung saya sudah hidup sendiri sejak beberapa tahun lalu. Jadi ketika daging kambing tiba, saya bingung juga kudu diapain. Dalam benak saya daripada repot, kasi ke tetangga aja deh. :D
Tapi untungnya teman saya ini jago masak. Dia menawarkan diri untuk mengeksekusi si daging ini. Well, saya tau pasti kalo salah sedikit perlakuannya aroma daging kambing itu
luar biasa ngga enaknya. Jadi semua saya serahkan pada teman saya ini. Saya cuma bantuin nganter ke pasar terdekat, belanja bumbu dan yeah duduk manis menunggu. Hahaha.
Dan hingga beberapa periode ketika saya pulang ke kampung eyang saya ini, pasti yang ditanya pertama kali adalah kabar teman saya ini, katanya masakannya enak. Beda sama saya yang sama sekali ngga pinter masak. Begitu kata eyang saya. Huff!

Ya ketika hari raya, baik Lebaran maupun Idul Adha, seringkali daging kambing menjadi menu utamanya. Bahkan seperti kasus saya di atas, ngga diharapkan pun bisa dapat jatah. Ngga dimasak sayang, mau masak bingung. Jadi ya terpaksa deh belajar gimana caranya masak daging kambing. Dan teman baik saya ini ngasi tips khusus. Katanya masak daging kambing itu kudu banyak bumbunya aja. Pasti ga beraroma aneh lagi karena kalah sama si bumbu. Ok deh, noted!

Dan mari kita cek sebanyak apa bumbu untuk masak kari kambing ini:

Bahan:
  • 4 buah ketupat, potong-potong sesuai selara
  • 500 gr daging kambing
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • ¼ sendok teh bubuk kari
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 4 buah tomat merah
  • 3 sendok makan pasta tomat
  • 250 gr wortel
  • 15 gr daun peterseli
  • 500 ml air
Cara membuat:
  1. Bawang bombay dikupas dan diiris tipis bulat, sisihkan. Bawang putih dikupas dan dicincang halus, sisihkan. Tepung terigu dilarutkan dengan 2 sendok makan air, sisihkan. Tomat diparut dan daun peterseli diiris halus, sisihkan. Wortel dikupas dan diiris-iris.
  2. Daging kambing dibersihkan dengan cara dilap dengan serbet bersih. Jangan dicuci. Lalu daging dipotong dadu 2 cm. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng daging kambing hingga berubah warna. Angkat dan tiriskan, sisihkan. Panaskan kembali minyak bekas kambing dengan api sedang, lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan bubuk kari hingga harum berwarna kuning keemasan.
  3. Masukkan daging kambing goreng, larutan tepung terigu, tomat parut dan pasta tomat. Aduk-aduk. Masak hingga kaldu meletup-letup.
  4. Masukkan irisan wortel dan tuang airnya. Kecilkan sedikit apinya dan teruskan memasak hingga mendidih, daging empuk dan kuah mengental. Angkat. Tambahkan air panas, jika daging kambing masih keras. Ambil beberapa piring saji, lalu beri potogan ketupat. Tuang kari kambing dan taburi dengan peterseli. Sajikan segera panas-panas.

Tips:
Agar daging kambing tidak keras, sebeiknya daging tidak dicuci dan langsung diolah. Jika msih keras juga, tambahkan potongan nanas muda atau daun pepaya atau baking powder atau soda kue dalam pengolahan. Bisa juga daging kambing dipotong-potong lalu dilumuri dengan nanas yang sudah dihaluskan dan bungkus dengan daun pepaya. Diamkan selama 30 menit, daging siap diolah.

So, tertarik mencoba? Jangan sampe dicap ngga bisa masak seperti saya ya. Hiks...

Sumber: Buku seri memasak 77, MENU lebaran