WHAT'S NEW?
Loading...



Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke rumah salah satu klien. Saya berangkat mengendarai sepeda motor kesayangan. Saat perjalalanan pas banget jam 12 siang, sehingga panasnya “ra umum”, serasa matahari hanya beberapa meter di atas kepala. Di perjalanan rasa panas dan haus mulai melanda. Sampai rumah klien dan ngobrol beberapa menit, sang pembantu datang membawa teh anget. Saya berbisik dalam hati, “walah panas-panas kok di kasih teh anget”. Namun sesaat kemudian pembatu balik lagi dan membawa pudding santan gula merah dingin. Pudding tampak nikmat dan “melambai-lambai” seolah minta di makan. Begitu saya ditawari untuk makan, tanpa basa-basi pudding langsung saya “sikat”. Wuahhhh rasanya suguer dan enak tenan. Rasanya saya ingin nambah, tapi malu sama klien, ntar ketahuan kalo makannya buanyak dan ngabis-ngabisin. Hehe.
Pudding santan gula merah cukup sederhana tapi rasanya enak dan mak nyusss. Anda ingin mencoba, berikut kami bagikan resepnya. Selamat mencoba.

Bahan:

  • 1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk warna cokelat
  • 150 ml santan
  • 700 ml air
  • 150 g gula merah, sisir halus
  • 50 g gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat:

  1. Campur agar-agar, santan, air, gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan, aduk rata lalu masak hingga mendidih. Angkat.
  2. Panas-panas langsung tuang ke dalam Loyang besar persegi, biarkan hingga dingin dan membentuk lapisan sendiri.
  3. Simpan dalam lemari pendingin lalu sajikan dingin.
  4. Potong bentuk sesuai selera. Sajikan.


Sumber: 125 Sajian Nostalgia Favorit Sepanjang Masa, hal 146



Jika anda mengunjungi Kota Muntilan, sekitar 25 Km dari Kota Yogya, anda akan menemukan olah-oleh khas kota itu yaitu tapai ketan hijau. Di Kota yang sejuk tersebut ada toko oleh-oleh yang namanya Tape Ketan Muntilan. Toko oleh-oleh tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tapai ketan memang memiliki rasa yang khas. Rasanya yang manis dan sedikit mengandung alkohol memberikan citra rasa tersendiri. Tapai ketan cocok di buat minuman, pudding ataupun langsung dimakan begitu saja.
Berikut ini kami bagikan resep pudding tapai ketan hijau. Selamat mencoba.

Bahan:

  • 1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk putih
  • 150 g gula pasir
  • 600 ml santan dari 1 ½ butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan, robek-robek, simpulkan
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • ¼ sdt garam
  • 2 butir telur, kocok
  • 2 g tape ketan hijau, siap pakai

Cara membuat:

  1. Campur agar-agar, gula, santan, daun pandan, daun jeruk, dan garam. Masak sambil diaduk diatas api sedang hingga mendidih. Angkat.
  2. Tempetkan telur kocok dalam mangkuk agak besar. Tuangi agar-agar panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Masukan tapai hijau. Aduk hingga tercampur rata. Ambil daun pandan dan daun jeruk.
  4. Basahi cetakan agar-agar individual. Tuangkan adonan. Biarkan hingga membeku. Keluarkan dari cetakan.
  5. Sajikan dingin.

Sumber: 125 Sajian Nostalgia Favorit Sepanjang Masa, hal 144



Anak zaman sekarang doyan sama yang namanya pizza. Keysha, anakku juga doyan banget sama makanan satu ini. Ketika dia tidak mau makan, jika ditawari pizza langsung girang dan lahap makannya. Saya juga heran, anak ini turunan siapa? Lha bagi bapaknya itu makan martabak telor udah muewahhh buanget je, lha kok dia bisa-bisanya doyan sama pizza?!. Hehe. Bagi saya makanan yang akrab dengan lidah saya paling ya bakwan, mendoan, sama telo goreng. Makan martabak telor aja paling setahun sekali kalo ada rezeki nomplok. Hahaha. Makanya saya heran kok bisa anak saya doyan yang namanya pizza. Tapi ga papa, mungkin lidah anak saya udah kekinian, ga katrok kaya lidah bapaknya.
Bagi anda yang gemar makan pizza dan ingin masak sendiri, berikut ini kami bagi resep pizza sosis. Selamat mencoba. Salam kekinian. Hehe.

Bahan:

  • 3 bh sosis sapi
  • 1 bh adonan pizza siap pakai
  • 140 gr saus pizza siap pakai
  • 1 bh paprika merah kecil
  • 8 bh tomat ceri
  • 50 gr keju mozzarella
  • 3 sdm mentega
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica


Cara membuat:

  1. Siapkan Loyang pizza atau Loyang bulat datar, olesi dengan sedikit mentega. Sisihkan. Sementara itu panaskan oven hingga suhu 200°C. Ambil paprika, belah dua memanjang dan buang bijinya, lalu diiris tipis memanjang. Sisihkan.
  2. Tomat ceri diiris tipis bulat dan mozzarella diparut kasar, sisihkan. Panaskan 2 sdm mentega dengan api sedang, goreng sosis yang sudah dikerat-kerat sisinya sambil dibolak balik hingga matang. Angkat. Setelah agak dingin, sosis diiris tipis bulat. Sisihkan.
  3. Letakkan adonan pizza dalam Loyang. Olesi bagian atas adaonan dengan saus pizza hingga rata. Lalu susun berturut-turut diatasnya irisan sosis, paprika dan tomat ceri. Kemudian bubuhi dengan garam dan merica. Terakhir taburi dengan mozzarella parut.
  4. Panggang pizza selama 20-25 menit hingga matang berwarna kecokelatan dan mozzarella meleleh. Keluarkan dari oven. Masih dalam loyangnya, pizza dipotong-potong. Sajikan segera selagi panas dengan saus sambal dan saus tomat.

Tips:
Adonan pizza siap pakai atau dough dan saus pizza dapat diperoleh di pasar swalayan dan pasar tradisional besar ditoko bahan makanan basah (bakso, tahui, otak-otak kulit lumpia).
Jika tidak ada dough, gunakan roti tawar tebal atau roti perancis yang dipotong serong lebar.
Variasi isian dengan menambahkan daging cincang sapi atau ayam, daging olahan lain (pastrami, daging asap, luncheon) dan jamur.

Sumber: Buku Seri Memasak 61, Menu fastfood.



Siang hari tadi salah satu teman kantor membawa pudding yang di beli disalah satu toko pudding terkenal di Yogya. Pas benget, siang yang panas disuguhi pudding dingin. Ga pake lama pudding langsung "dibabat" habis sama anak-anak kantor. setelah pudding habis saya lalu berpikir sebenarnya pudding cukup mudah di buat dan harga bahan juga murah. Sepertinya cocok dijadikan peluang usaha, melihat toko pudding di Yogya selalu ramai. Mari kita belajar membuat pudding. Berikut ini kami bagikan resep pudding almond. Selamat mencoba.

Bahan:

  • 150 ml air
  • 2 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • 75 g gula pasir berbutir halus
  • 350 ml susu evaporasi
  • ½ sdt esens almond

Cara membuat:

  1. Campur air dengan agar-agar dan gula pasir dalam panci. Aduk hingga rata. Masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat.
  2. Tuangi susu dan tambahkan esens. Aduk hingga rata.
  3. Tuangkan adonan kedalam gelas saji bervolume 200 ml. Biarkan selama kurang lebih 1 jam hingga membeku. 
  4. Sajikan bersama buah jika suka.

Sumber:  125 sajian nostalgia favorit sepanjang masa, hal 156.



Sore ini pulang kantor hujan deras. Meskipun sudah pakai jas hujan namun karena hujannya super deras tetap saja basah kuyup. Untung istri punya feeling yang bagus. Sampai di rumah sudah disiapkan sup kacang merah yang panas “mongah-mongah”. Mencium aroma sup, buru-buru saya mandi, habis mandi langsung "menghajar" sup kacang merah tersebut sampai habis bis. Hhmmm mak nyosssss. Anda ingin mencobanya, berikut ini kami berikan resepnya. Selamat mencoba. Salam mak nyos!

Bahan:

  • 500 g daging sapi, potong persegi panjang
  • 1500 ml air 
  • 150 g kacang merah kering, rendam air selama 3-4 jam, tiriskan
  • 1 batang seledri, potong-potong 1 cm


Haluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 25 g bawang merah goreng
  • ½ sdt biji pala
  • ½ sdt merica
  • 2 butir cengkeh
  • ½ sdt garam


Taburan:

  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1 batang seledri, cincang


Cara membuat:

  1. Rebus daging sapi hingga setengah matang. Masukkan kacang merah.  Masak hingga daging dan kacang empuk.
  2. Masukkan potongan seledri dan bumbu halus. Aduk dan masak hingga matang. Angkat.
  3. Sajikan dengan taburan.


Sumber:  125 sajian nostalgia favorit sepanjang masa, hal 119.


Saat berbelanja ke supermarket atau mampir ke bakery, putri kami hampir selalu minta dibelikan puding. Puding memang merupakan makanan favorit anak-anak. Bahkan orang tua pun juga menyukai puding. Puding sangat enak apabila disajikan dingin. Kali ini kami akan berbagi resep puding susu cocktail. Selamat mencoba.

Bahan:
  • 1 bungkus (7 gr) agar-agar putih
  • 250 ml susu kental manis warna putih
  • 250 gr fruit cocktail kalengan
  • 1000 ml air
  • 200 ml sirup jeruk

Cara membuat:
  1. Campur dalam panci, susu kental manis dengan air, lalu masak di atas api sambil diaduk-aduk.
  2. Masukkan agar-agar ke dalam susu, masak hingga mendidih.
  3. Angkat dari api, tuang pada cetakan atau gelas, diamkan hingga mengeras.
  4. Beri 1 sendok makan sirup dan fruit cocktail di atas puding. Sajikan.

Sumber: 125 Sajian Nostalgia, Favorit Sepanjang Masa, hal 148.



Siapa sih yang tidak tahu sambal? Bagi pecinta sambal, sambal membuat makan lebih bersemangat serasa kernet bis. Mereka makan sambil membawa handuk kecil buat mengusap keringat  yang bercucuran saat makan sambal. Pokok’e gobyosss bang. Tapi memang banar, sambal membuat makanan menjadi nikmat.  Ada yang kurang jika makan belum ada sambal, rasanya lidah kurang bergetarrrrr. Hahaha. Ada bermacam-macam sambal, salah satunya adalah sambal mangga. Sambal ini memberikan sensasi rasa asam dan pedas, membuat nafsu makan membabi buta. Hehe. Anda ingin mencobanya? Berikut ini kami bagikan resepnya. Selamat mancoba. Salah huh hahhhh.

Bahan sambal:

  • 100 gr mangga mengkal, diiris seperti batang korek api halus
  • 1 sdt air jeruk nipis

Bumbu Halus:

  • 15 buah cabe merah keriting utuh, digoreng
  • 1 sdt terasi, digoreng
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Ulek cabe merah keriting  dan terasi yang sudah digoreng serta garam
  2. Tambahkan mangga dan air jeruk nipis, aduk rata.


Sumber: Sedap Khusus Pemula 82/XV/2014



Hari minggu sore dimusim hujan, saya berkesempatan untuk nongkrong santai di depan rumah sambil melihat pemandangan pohon padi yang bergoyang aduhai –maklum rumah mepet sawah- serasa menari goyang pantura. Hehe. Nongkrong kali ini ditemani biskuit cokelat krim kopi dan teh panas. Jian rasanya dunia ini damai, bisa bersantai  melihat hujan dan goyangan sexy pohon padi ditemani biskuit coklat krim kopi dah teh panas. Rasane kemepyar pokoke.
Jika anda ingin mencoba membuat biskuit coklat krim kopi, berikut kami berikan resepnya. Kali aja nanti biskuit bisa menemani anda disaat santai ataupun buat cemilan sehari-hari. Selamat mencoba.

Bahan:

Biskuit:

  • 60 gr mentega
  • 1 sdt esens kopi dan chicory*
  • 1 ½ sdm gula kastor
  • 100 g tepung terigu
  • 60 g cokelat batangan tanpa isi, lelehkan


Krim kopi:

  • 200 g gula icing
  • 2 sdt minyak sayur
  • ¼ sdt esens kopi dan chicory*
  • 1 sdm susu


Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180°C.
  2. Kocok mentega , esens kopi dan chicory, dan gula dengan mixer sampai ringan dan berbusa. Masukkan tepung, aduk sampai adonan menjadi padat, lalu tutup dan masukkan dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Gulung adonan di antara 2 lembar kertas roti sampai setebal  3 mm. Potong adonan menggunakan cetakan kue bulat berdiameter 3,5 cm, lalu letakkan di atas loyang yang telah diolesi mentega tipis-tipis dengan jarak antar kue 2 cm.
  4. Panggang dalam oven  selama 8 menit atau sampai agak cokelat. Angkat dari oven dan biarkan biskuit diatas loyang selama 5 menit sebelum dipindahkan ke rak pendingin.
  5. Olesi biskuit dengan krim kopi lalu letakkan di atas rak pendingin sampai krim mengeras. Dengan menggunakan piping bag, hiasi atasnya dengan cokelat.
  6. Krim kopi: ayak gula icing, masukkan minyak sayur, esens, dan susu secukupnya agar membentuk pasta oles. Aduk rata.

Tip: *esens kopi and chicory adalah sirup berbahan dasar kopi dan chicory.

Sumber: Buku biskuit dan brownies, hal 7.



Ketika sedang kondangan alias jagong kita akan dibuai oleh beraneka macam makanan yang bikin ngiler. Bagi yang tidak kuat menahan hasrat pasti akan langsung "ngamuk" membabi buta. Namun bagi yang memiliki kolesterol tinggi, makanan berlemak boleh lah dicicip tapi jangan banyak-banyak ya, hehe. Tapi tenang saja, biasanya ada juga makanan yang tidak "mengancam" para kolesteroler, antara lain puding dan buah-buahan. Puding cukup enak dan aman. Pada saat santai dirumah juga sangat cocok ditemani puding dan segelas teh hangat. Hmmm mak nyus top markotopppp. Sebenarnya puding itu mudah di buat lho. Anda ingin mencoba? Berikut ini kami berikan resep puding hunkwe marmer. Selamat mencoba.

Bahan:

  • 110 g tepung hunkwe
  • 1000 ml santan
  • 250 g gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cokelat bubuk, cairkan dengan sedikit air panas
  • 2 sdm air panas


Cara membuat:

  1. Campur tepung hungkwe, gula pasir, garam, dan santan, aduk rata hingga tepung larut.
  2. Masak diatas api sedang sambil diaduk perlahan sampai mendidih dan kental, angkat dari api.
  3. Tuang cokelat cair pada adonan tepung hunkwe, aduk acak.
  4. Tuang ke dalam loyang atau cetakan puding. Dinginkan. Potong-potong dan sajikan.


Sumber: 125 Sajian nostalgia favorit sepanjang masa (hal 145)



Setiap hari putri kami yang masih playgroup minta dibawakan bekal nasi. Ia tidak mau di bawakan roti ataupun camilan lain. Permintaannya membuat mamanya harus pintar-pintar memilih menu untuk bekal yang menarik buat si kecil. Tapi untung si kecil doyan makan - persis bapakne -  sehingga setiap variasi menu makanan yang dimasak mamanya disukai si kecil. Salah satu menu untuk bekal sekolah adalah Drummer Wing. Kebanyakan anak-anak menyukai menu ini. Berikut kami berikan resep drummer wing. Selamat mencoba. Salam doyan makan. Hehe

Bahan:

  • 10 potong sayap ayam bagian pangkal
  • 1 semdok makan kecap manis
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 2 sendok teh ang ciu
  • 300 ml minyak goreng
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 30 gr tepung roti kasar


Bumbu:

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir


Cara membuat:

  1. Cuci sayap ayam lalu kerat bagian pangkalnya lalu tarik ke ujung satunya membentuk drummer. Sisihkan. Masukkan kecap manis ke dalam mangkuk agak besar. Tambahkan kecap asin dan ang ciu, aduk-aduk rata. Lalu masukkan sayap ayam sambil dibolak-balik agar bumbu merata. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap. Sisihkan. 
  2. Bumbu: potong-potong bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Lalu haluskan bersama ketumbar, garam dan gula pasir. Panaskan 2 sendok makan minyak dengan api sedang, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging cincang ayam, aduk-aduk hingga berubah warna dan kaku. Tambahkan tepung maizena dan tepung roti berturut-turut. Kecilkan apinya. Masak sambil diaduk hingga bahan dan bumbu tercampur rata. Angkat. Lalu adoan cincang dibagi menjadi 10 bagian.
  4. Ambil sepotong ayam lalu balut dengan satu bagian adonan cincang di bagian pentulnya. Padatkan sambil ditekan-tekan. Lakukan hal yang sama pada sisa sayap ayam lainnya. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng pentul ayam hingga matang, renyah berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan panas-panas dengan saus sambal.


Tips:
setelah dibentuk, pentul ayam bisa disimpan dalam lemari pendingin. Anda tinggal menggoreng secukupnya.

Sumber: Buku seri memask 61, menu fastfood