Resep Ayam Kecap Sederhana dan Praktis Cara Membuatnya

  • Whatsapp
ayam kecap sederhana
Ayam kecap

Salah satu masakan berbahan dasar ayam yang cukup praktis dalam pembuatannya adalah ayam kecap. Ayam kecap ini cukup banyak digemari dan disajikan di warung makan, karena memang rasanya yang manis dan gurih.

Daripada beli diluaran terus, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Resep ayam kecap sederhana ini cukup praktis dalam proses pembuatannya, serta cukup menggunakan bumbu-bumbu sederhana yang ada di dapur, ayam kecap yang enak, manis dan gurih ini bisa Anda nikmati di rumah.

Read More

Penasaran ingin tahu resep ayam kecap sederhana ini? Simak cara membuatnya berikut ini.

Resep Ayam Kecap Sederhana

resep ayam kecap sederhana
Resep ayam kecap sederhana oleh: @mommy_kile

Bahan dan Bumbu Ayam Kecap Sederhana

Bahan :

  • 1/2 kg ayam bagian apa saja.
  • 1/2 sdm kunyit bubuk.
  • 4 sdm kecap manis.
  • 1 batang daun bawang iris.
  • 1 buah tomat potong 4.
  • Sedikit air.
  • Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Ayam Kecap:

  • 6 buah bawang merah, iris tipis.
  • 4 siung bawang putih, iris tipis.
  • 8 buah cabe rawit merah iris (jika tidak suka pedas, bisa dikurangi).
  • 2 cm lengkuas geprek.
  • 2 cm jahe geprek.
  • 1 batang sereh.
  • Secukupnya garam, merica bubuk, kaldu jamur atau penyedap rasa

Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana:

  1. Potong ayam sesuai selera, lalu cuci sampai bersih. Lumuri dengan kunyit bubuk dan garam, diamkan kurang lebih 30 menit.
  2. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup untuk menggoreng. Goreng ayam hingga matang, namun jangan terlalu kering.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu tambahkan sereh, jahe dan lengkuas. Aduk sampai rata.
  4. Tambahkan kecap manis, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan sedikit air, aduk lagi sampai rata.
  5. Masukkan ayam yang telah digoreng, lalu masak hingga kuah mengental. Lalu tambahkan cabe rawit, daun bawang dan tomat.
  6. Koreksi rasa, apabila dirasa sudah pas, angkat dan sajikan.

Bagaimana, cukup praktis dan simple kan resep ayam kecap sederhana ini. Anda bisa dengan mudah menyajikan menu ayam kecap ini ditengah keluarga Anda, baik untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam.

Baca Juga: Cara Membuat Semur Ayam yang Mudah dan Enak, Bikin Nambah Terus!

Ayam merupakan salah satu bahan makanan favorit bagi masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan bahan pangan ini cukup mudah ditemukan di supermarket ataupun pasar-pasar tradisional. Warung makan maupun restoran banyak yang menyajikan masakan berbahan dasar ayam ini. Harganya pun relatif murah dan terjangkau.

Selain rasanya yang enak, daging ayam ini mengandung banyak nutrisi yang bagus yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Salah satunya adalah protein yang cukup tinggi, selain itu juga bagus untuk mencegah tulang keropos, baik untuk jantung, kaya akan fosfor, juga bagus untuk meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh, serta masih banyak lagi.

Dalam mengolah daging ayam seperti resep ayam kecap sederhana diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar didapat rasa ayam yang lembut dan enak. Berikut ini beberapa tips-nya.

daging ayam
Daging ayam
  1. Pilih ayam yang masih muda.
    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih ayam yang masih muda, agar diperoleh masakan yang lebih empuk dan nikmat. Selain itu, ayam yang masih muda memiliki daging yang tidak terlalu keras, serta ketika di olah memiliki rasa yang lebih lezat.
  2. Jangan disimpan di kulkas terlalu lama.
    Menyimpan daging ayam merupakan salah satu langkah yang cukup krusial dan perlu untuk diperhatikan. Simpanlah ayam didalam kulkas paling lama 2 hari, meskipun sebenarnya masa kaduluarsanya bisa lebih lama, menyimpan ayam lebih dari 2 hari mengakibatkan ayam tidak lagi begitu segar. Ini akan menyebabkan masakan ayam akan berkurang kelezatannya.
  3. Direbus.
    Merebus ayam merupakan salah satu langkah agar bisa mengolah ayam lebih cepat lunak dan empuk. Anda bisa merebus ayam menggunakan air kelapa, penggunaan air kelapa bisa menghasilkan ayam yang lebih gurih dan menambah cita rasa. Terutama ketika ayam akan dibakar.
    Selain itu, beberapa teknik lainnya adalah merebus bersamaan dengan potongan tebu. Hal ini terutama jika anda ingin mengolah ayam kampung. Dengan merebus bersama potongan tebu, daging ayam kampug akan lebih cepat empuk dan lunak.
  4. Direndam.
    Jika Anda ingin mengolah masakan dengan cara di goreng, ada baiknya apabila sebelum digoreng, daging ayam di rendam dulu (dimarinasi) dengan beberapa bumbu. Hal ini akan semakin memperkaya rasa daging ayam, serta daging akan lebih lembut dan berserat. Rendam daging ayam bersama beberapa bumbu sekitar 3-4 jam sebelum digoreng agar dihasilkan rasa yang lebih nikmat dan lezat.
  5. Mengiris daging ayam.
    Untuk mengolah ayam dengan cara dibakar atau dipanggang, Anda bisa mengiris tipis daging ayam dengan mengikuti alur serat daging, setelah itu pukul agar lebih empuk. Khususnya apabila Anda memilih bagian dada ayam.
  6. Jangan memasak terlalu lama.
    Hindari memasak daging ayam yang terlalu lama. Terkadang, banyak yang beranggapan bahwa agar diperoleh ayam yang matang sempurna, maka ayam perlu dimasak yang lama. Hal ini sebenarnya bisa membuat tekstur dan serat daging ayam menjadi lebih keras dan kurang lembut. Oleh karena itu, selalu perhatikan waktu pemasakan ayam, jangan lupa membolak balik daging ayam agar seluruh permukaannya matang merata.

Demikian resep ayam kecap sederhana, bersama beberapa tips dalam mengolah ayam agar dihasilkan masakan yang lebih lezat dalam pengolahannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung ke ResepIstimewa.com. Selamat memasak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.